Pengiriman Awal Mei 2018, All New Ertiga Oke Buat Mudik Lebaran

Suzuki resmi meluncurkan Ertiga generasi terbaru atau All New Ertiga di Indonesia bersamaan dengan hari pertama pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat. Hadir dengan berbagai perubahan signifikan dibanding model lawas, All New Ertiga cukup menyita perhatian para pengunjung. Dari hari pertama dibuka booth Suzuki tidak pernah sepi. Ada yang sekedar melihat-lihat hingga yang mencoba ruang kabinnya yang lumayan cukup lapang.

All New Ertiga IIMS 2018
Generasi terbaru Suzuki Ertiga jadi primadona di pameran IIMS 2018, JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat

Meski harga belum diumumkan, masih banyak pengunjung yang bertanya soal harga kepada tenaga penjual yang mendampingi. Tentu saja tidak ada jawaban berapa pastinya harga All New Ertiga karena memang belum diumumkan.

Suzuki hanya memastikan kalau All New Ertiga sudah bisa dipesan konsumen hanya dengan membayar tanda jadi atau booking fee sebesar Rp 5 juta. Otomatis konsumen langsung masuk daftar penerima unit pertama, tinggal menunggu kiriman unit.

Lalu kapan pastinya harga All New Ertiga dirilis dan unit dikirim ke konsumen?

Salah satu tenaga penjual Suzuki di pameran IIMS 2018 menuturkan kalau unit All New Ertiga bakal dikirim ke pemesan pertama mulai Mei 2018. Begitu pula saat dikonfirmasi ke pihak Suzuki, Donny Saputra selaku Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membenarkan kalau pengiriman unit pertama bakal dilakukan awal bulan depan. Otomatis nanti sudah bisa dipakai untuk mudik lebaran bagi yang merayakan.

“Jadi aman bisa dibuat mudik lebaran nanti,” tutur Donny kepada awak media di lantai pameran IIMS 2018, JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat, Rabu (25/4/2018).

Donny menambahkan, pengiriman unit pertama ke dealer-dealer resmi di Jakarta dan daerah lain nantinya sekaligus pengumuman resmi harga All New Ertiga ke publik.

“Harapan kami sebelum lebaran sudah terkirim semuanya ke diler atau konsumen, permintaan di luar daerah juga sudah sangat tinggi,” tutur Donny.

All New Ertiga IIMS 2018 tampak dari samping
All New Ertiga memiliki dimensi 130 mm lebih panjang dibanding dengan New Ertiga

Target penjualan All New Ertiga tiap bulan

Berbekal produk yang serba baru yang berkualitas, serta respon positif dari masyarakat yang tinggi, Suzuki mantap menaikkan target penjualan All New Ertiga dari sebelumnya hanya 3000-an unit per bulan menjadi 5.000-an per bulan.

Bukan karena jemawa dan tinggi hati, target penjualan yang ditetapkan Suzuki tersebut cukup realistis dan masuk akal jika dikaitkan dengan iklim kompetisi di segmen Low MPV saat ini.

“Kami tidak mau jemawa, jadi target yang realistis saja, dan 5.000-an unit itu kami nilai sudah cukup pas,” ujar Donny.

Alasannya, sejak pertama kali diluncurkan pada hari Kamis, 19 April 2018 permintaan All New Ertiga dari masyarakat cukup besar. Pesanan datang tidak hanya dari warga Jakarta saja, tapi juga dari daerah-daerah lain.

“Kami baru mulai melakukan pengiriman ke dealer awal Mei 2018. Untuk wilayah Jawa dan Sumatera sekitar satu pekan, dan terus ke wilayah lainnya secara bertahap,” ungkap Donny.

JOkowi lihat Ertiga
Presiden Jokowi menyempatkan diri melihat kabin All New Ertiga usai membuka pameran IIMS 2018, Kamis (19/4/2018) lalu

Guna mengimbangi target penjualan bulanan, volume produksi All New Ertiga di pabrik dibuat lebih banyak dari 5.000 unit. Hal ini dilakukan selain untuk memenuhi pasar domestik, juga untuk memenuhi pasar ekspor ke negara-negara di Asia Tenggara seperti yang sudah direncanakan Suzuki.

“Kalau sama ekspor lebih dari 5.000 unit per bulannya dan memang bisa ditingkatkan lagi. Kami harapkan juga masyarakat bisa menerima Ertiga generasi terbaru itu,” tutup Donny.

Leave a Comment