Pengertian , Ciri-Ciri, Kaidah, Jenis dan Contoh Teks Eksposisi

PENGERTIAN TEKS EKSPOSISI 

Teks eksposisi yakni satu paragraf atau karangan yang di dalamnya memiliki kandungan beberapa info yang isi dari paragraph itu ditulis dengan maksud untuk menguraikan atau memberi pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat serta akurat. 
Paragraf eksposisi ini berbentuk Ilmiah atau bisa disebutkan non fiksi. 

CIRI-CIRI TEKS EKSPOSISI 

Gaya infonya persuasif atau mengajak 
Penyampaian teksnya dengan terang, lugas serta memakai bhs yang baku 
Menguraikan beberapa informasi pengetahuan 
Berbentuk tidak memihak yang berarti tidak memaksakan tekad dari penulis pada pembacanya 
Teks Eksposisi berbentuk netral serta objektif 
Penuturannya dibarengi data-data yang akurat serta terpercaya 
Menghidangkan satu kenyataan yang dipakai jadi alat konkritasi serta kontribusi 

Contoh-contoh teks eksposisi bisa diliat berita-berita atau koran, tetapi contoh eksposisi bisa diliat berikut ini namun sebelumnya itu mari kita tekuni teks eksposisi lebih dalam dengan lihat type, tanda-tanda susunan serta maksud eksposisi diantaranya seperti berikut… 

Beberapa Type Teks Eksposisi 

Eksposisi definisi 
Eksposisi Proses 
Eksposisi Klasifikasi 
Eksposisi Contoh 
Ekskposisi Perbandingan 
Eksposisi Laporan 
Ciri-Ciri Teks Eksposisi 
Menerangkan beberapa informasi pengetahuan 
Gaya info yang mengajak 
Penyampaian dengan lugas serta memakai bhs yang baku 
Tidak memihak berarti tidak memaksakan tekad penulis pada pembaca 
Kenyataan dibakai jadi alat peran serta alat kontritasi 
Susunan Teks Eksposisi 
Tesis (Pembukaan) 
Alasantasi (Isi) 
Penegasan Ulang (Penegasan ulang) 
Maksud Teks Eksposisi 
Maksud teks eksposisi yaitu untuk menuturkan atau menerangkan infomasi-informasi spesifik hingga pengetahuan beberapa pembaca jadi bertambah. 

Contoh Teks Eksposisi 

Mangga serta Agroklimat 
Mangga yaitu tanaman buah dengan tingkat ketergantungan yang tinggi pada agroklimat. Ada tanaman buah yg tidak demikian bergantung pada aspek agroklimat, umpamanya nangka serta alpukat. Ada pula yang tingkat ketergantungannya pada agroklimat begitu tinggi, umpamanya apel. Nyaris tidak ada tanaman yang bisa seratus % bebas dari aspek agroklimat, terkecuali tanaman itu dibudidayakan dalam green house yang tersolir dari udara luar serta komplit dengan pengatur suhu serta kelembaban. Mangga memanglah tanaman buah tropis, namun dia malah tidak suka pada kelembaban serta curah hujan yang tinggi. Tersebut penyebabnya buah itu lalu dibudidayakan di lokasi guru seperti Meksiko, Mesir, serta Israel, atau di lokasi subtropis seperti Australia serta Taiwan. Pokoknya, makin kering serta panas satu lokasi, tanaman mangga makin menyenanginya. Di Indonesia juga mangga cuma bisa tumbuh baik di dataran rendah dengan curah hujan sedikit seperti Indramayu, Pasuruan, serta Probolinggo 

Walau suka pada lokasi kering dengan udara panas, mangga tetaplah membutuhkan banyak air. Unsur paling utama untuk membuat buah memanglah air, udara (CO2) serta unsur hara. Dari tiga unsur itu, air dibutuhkan tanaman mangga dalam jumlah paling banyak. Oleh karenanya, walau udara di Pasuruan serta Probolinggo cukup panas serta kering, air tanahnya cukup dangkal hingga pas untuk tanaman mangga. Diluar Jawa, lokasi yang agroklimatnya sesuai sama itu diantaranya di daerah lembah palu. 

Di dataran rendah yang kering, tanaman mangga bisa terima cahaya matahari sepanjang 12 jam penuh selama th.. Cahaya matahari bertindak untuk pembentukan buah. Makin intensif cahaya matahari, makin manis buah yang dibuat. Tersebut penyebabnya lokasi gurun bisa hasilkan buah mangga yang cukup manis. Dengan cahaya matahari penuh sepanjang 12 jam, tanaman mangga bisa leluasa membuat karbohidrat serta gula. 

Indonesia yang terdapat di lokasi tropis memanglah memiliki banyak macam agroklimat. Ada lokasi yang berlebihan kering, ada pula yang berlebihan basah. Ada dataran tinggi yang dingin, ada juga dataran rendah yang panas. Kontur basah yang menggelombang serta berbukit-bukit juga untungkan karna mempermudah system pengairan dengan memakai system gravitasi-namun memakai mesin-mesin yang berat. Walau demikian, keseluruhannya, agroklimat di Indonesia begitu untungkan untuk pengembangan agrobisnis moderen. 

Keadaan agroklimat yang untungkan itu terkadang malah dapat berbalik jadi ancaman. Sampai kini kita senantiasa membanggakan tanah air kita yang subur serta makmur. Kita juga membanggakan jumlah koleks plasma nutfah mangga kita yang menjangkau posisi nomor dua didunia sesudah India. Walau demikian, diam-diam Thailand, Mesir, Taiwan, serta Australia mengebunkannya. Di Australia ada tempat yang begitu luas, modal yang begitu besar, tehnologi yang begitu mutakhir, serta agroklimat yang pas untuk mangga. Oleh karenanya, kita juga akan ketinggal bila cuma memercayakan keadaan agroklimat yang " subur makmur " 

Tipe Teks Eksposisi 

Teks Eksposisi Pengertian. Teks Eksposisi pengertian adalah satu paragraf eksposisi yang menuturkan pengertian atau pengertian satu tema spesifik. 
Teks Eksposisi Sistem. Teks Eksposisi sistem adalah bebrapa bagian atau beberapa cara untuk lakukan suatu hal dari pertama sampai akhir. 
Teks Eksposisi Contoh. Teks Eksposisi contoh adalah satu paragraf yang menghidangkan info atau sebagian keterangan spesifik lewat cara memberi deskripsi atau keterangan yang simpel tentang satu tema dengan tema yang lain yang memiliki persamaan sifat atau kemiripan dalam beberapa hal spesifik. 
Teks Eksposisi Laporan. Teks Eksposisi laporan yaitu paragraf eksposisi yang menyampaikan laporan dari satu momen atau riset spesifik. 
Teks Eksposisi Perbandingan. Teks Eksposisi perbandingan adalah paragraf eksposisi yang inspirasi atau ide intinya di uraikan lewat cara memperbandingkan dengan yang beda. 
Teks Eksposisi Pertentangan. Teks Eksposisi pertentangan adalah satu paragraf atau karangan yang diisi tentang hal pertentangan juga akan satu hal dengan hal yang lain. 

KAIDAH TEKS EKSPOSISI 

Unsur kebahasaan yakni beberapa sisi yang membuat teks eksposisi. Unsur kebahasaan yang ada pada teks eksposisi salah satunya yaitu pronomina, konjungsi serta kata leksikal. 

A. PRONOMINA 

Pronomina yakni kata ganti orang yang bisa dipakai terlebih ketika pernyataan pendapat pribadi disibakkan. Pronomina bisa digolongkan jadi dua sisi : 

Type Pronomina 

Pronomina Persona (kata ganti orang) yaitu persona tunggal. Umpamanya : Ia, Dia, Anda, Anda, Saya, Saudara, -nya, -mu, -ku, si-. Serta pesona jamak misalnya seperti : Kita, Kami, Kalian, Mereka, Hadirin, Beberapa. 
Pronomina Nonpersona (kata ganti bukanlah orang) yaitu pronomina penunjuk, umpamanya yaitu : Ini, Itu, Sini, Situ, Sana. Serta pronomina penanya, umpamanya : Apa, Mana serta Siapa. 
B. KONJUNGSI 

Konjungsi atau kata penghubung dipakai dalam teks eksposisi untuk menguatkan alasantasi. Di bawah ini yaitu type konjungsi yang bisa kita temui dalam teks eksposisi : 

Type Konjungsi 

Konjungsi saat : sebelumnya, kemudian, setelah, sesudah, lalu 
Konjungsi paduan : dengan dan, serta, 
Konjungsi pembatasan : asal, terkecuali kecuali 
Konjungsi maksud : agar, supaya, untuk 
Konjungsi kriteria : seandainya, bilamana, jika bila, seandainya, jika, bila 
Konjungsi rincian : yaitu, yakni, diantaranya, yaitu, ialah 
Konjungsi sebab-akibat : karena, mengakibatkan, hingga, karna, sebab 
Konjungsi pertentangan : tetapi, tetapi, sedang, walau demikian, tetapi 
Konjungsi pilihan : atau 
Konjungsi penguatan/penegasan : cuma, sekali lagi juga, itu juga, terlebih, bahkan 
Konjungsi keterangan : bahwa 
Konjungsi perbandingan : sama, seperti, seperti, seperti, 
Konjungsi penyimpulan : jadi, dengan hal tersebut oleh karenanya, oleh karna itu 
C. KATA LEKSIKAL 

Nomina : kata yang merujuk pada benda, baik berbentuk benda riil maupun abstrak. 
Verba : kata yang memiliki kandungan arti basic perbuatan, sistem atau kondisi yang bukanlah sifat. 
Adjektiv : kata yang digunakani untuk melukiskan sifat atau kondisi orang, benda serta binatang. 
Adverbia : kata yang lengkapi atau menuturkan info berbentuk info tempat, saat, situasi, alat, langkah serta beda sebagainya.

Leave a Comment