Ini Sebabnya Mobil Merek Jepang Lebih Bandel Dibanding Mobil Eropa Dan Amerika

Berpuluh-puluh tahun merek Jepang mendominasi industri otomotif di Indonesia. Selama itu pula terbukti bahwa mobil merek Jepang diterima masyarakat karena ketangguhan dan kehandalannya. Dibanding mobil buatan Eropa atau merek Amerika, banyak yang bilang mobil merek Jepang lebih kuat dan awet.

Honda Kijang Doyok

Toyota sudah membuktikan kalau mobil merek Jepang awet dan tahan lama

>>> Klik disini untuk melihat daftar mobil dijual di bawah Rp 100 jutaan!

Ternyata, bukan hanya di Indonesia saja. Dominasi mobil merek Jepang juga merambah negara-negara lain. Beberapa bahkan sukses menembus ketatnya persaingan di kawasan Eropa dan Amerika mengalahkan produk negara sendiri.

Survei sering kali dilakukan berbagai pihak untuk menjajaki mobil apa yang paling tangguh di dunia, mobil merek Jepang sering masuk dalam daftar.

Selain dikenal tangguh dan tahan lama, dari sisi harga mobil-mobil buatan Jepang juga terbilang terjangkau bahkan cukup murah dibanding mobil-mobil Eropa dan Amerika. Jepang membuatnya seefisien mungkin sehingga untuk sampai ke tangan konsumen tak perlu terlalu banyak biaya.

Contoh, merek Jepang seperti Toyota dan Honda lebih memilih mendirikan pabrik di berbagai negara untuk mengurangi biaya pengiriman. Lalu pabrik produksinya seringkali berdekatan dengan pemasok komponen utama, juga untuk menekan biaya produksi.

Penampakan Honda N360 - 1967 keren

Honda N360 tahun 1967 kini disimpan di museum dan masih terlihat segar

>>> Klik disini untuk melihat daftar harga mobil Toyota siap pakai!

Mobil merek Jepang memiliki teknologi tersendiri dan tak terlalu bergantung pada Eropa dan Amerika. Meski sebagian dianggap agak ketinggalan, nyatanya teknologi yang diterapkan pada mobil merek Jepang telah mendukung produk-produknya bertahan hingga puluhan tahun lamanya dan tetap bisa digunakan. Teknologi canggih Eropa dan Amerika yang diterapkan pada mobil Jepang tak bisa menjamin mobil bertahan lama.

Salah satu contoh di beberapa negara Toyota masih memasarkan mobil dengan transmisi legendaris matik 4-speed. Padahal di waktu yang sama mobil-mobil keluaran Eropa sudah berkembang dalam hal transmisi termasuk dual-clutch.

Dari sisi konsumen, kegemaran pada mobil merek Jepang lebih pada alasan kemudahan dalam perawatan. Mobil merek Jepang tidak serumit mobil berteknologi canggih buatan Eropa dan Amerika yang membutuhkan peralatan khusus dalam perawatannya.

Penampilan garang mobil merek Jepang Toyota Land Cruiser

Mobil mewah merek Jepang lebih mudah dirawat dibanding mobil Eropa dan Amerika

>>> Klik disini untuk melihat daftar mobil dijual dengan harga Rp 250 juta keatas!

Mobil merek Jepang tidak memerlukan peralatan terlalu khusus. Kunci-kunci yang digunakan sama dengan kunci untuk perangkat lain, jadi lebih mudah saat memperbaiki. Bahkan kalau pemilik punya pengetahuan tentang mesin, mesin yang dimiliki di rumah-rumah bisa dimanfaatkan.

Beda dengan mobil Eropa atau Amerika, meski pemilik punya skill belum tentu bisa menangani karena tak memiliki peralatan yang sesuai.

>>> Cari mobil buat keluarga, klik disini untuk mendapatkan harga menarik!

Leave a Comment