Hemat Bahan Bakar Saat Mengemudi, Begini Caranya!

Harapan para pemilik mobil selain mobilnya nyaman dan aman, juga ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Ini juga yang mendasari lahirnya mobil-mobil LCGC dengan regulasinya yang sah tahun 2013. Terbukti, mobil-mobil LCGC atau lebih populer disebut mobil murah langsung laris manis dan berlangsung hingga saat ini.

Untuk mendapatkan mobil hemat bahan bakar tidak cukup hanya faktor mesin mobilnya saja. Cara Anda membawa mobil dan merawatnya juga memiliki pengaruh cukup besar terhadap pemakaian bahan bakar mobil Anda.

Sebagai salah satu produsen mobil yang memiliki line up di semua segmen, Honda tahu bagaimana cara membawa mobil agar bisa hemat bahan bakar.

Berikut tips hemat bahan bakar saat mengemudi ala Honda

1. Naik turunkan kecepatan secara perlahan dan santai

Mobil melaju dengan kecepatan tinggi

Tak perlu akselarasi mendadak kalau ingin hemat bahan bakar

Jangan menginjak pedal gas dalam-dalam secara mendadak karena konsumsi bahan bakar bakal lebih besar. Begitu pula saat melakukan pengereman, jangan terlalu sering melakukan pengereman mendadak. Kurangi kecepatan sejak jarak masih agak jauh.

>>> Klik disini untuk mengetahui tips dan trik berkendara biar lancar tak menemui hambatan

2. Stabilkan kecepatan

Honda City dengan kecepatan stabil

Kalau ada fitur cruise control, Anda bisa menggunakannya untuk mendapatkan kecepatan stabil

Kalau mobil Anda tidak dilengkapi fitur cruise control seperti Honda City, Anda harus melakukannya secara manual untuk menstabilkan kecepatan laju mobil.

3. Gunakan gigi yang tepat sesuai kecepatan

tuas transmisi manual

Sudah tepatkah gigi dengan kecepatan mobilmu?

Gunakan gigi rendah saat kecepatan rendah atau di jalanan menanjak dan gunakan gigi tinggi saat melaju cepat atau di jalanan landai. Penempatan gigi yang salah bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

>>> Mau cari mobil baru buat keluarga, lihat daftar harga dan spesifikasi lengkapnya disini!

4. Tutup semua kaca mobil saat melaju di kecepatan 60 km lebih

Tidak dipungkiri kalau AC alami lebih menyegarkan dari pada AC mobil, apalagi di daerah pegunungan yang minim polusi. Tentu udara makin segar dan terasa nyaman di tubuh.

Maksud hati dapat kesejukan, buka jendela mobil malah bikin boros bahan bakar

Untuk mobil yang melaju di atas 60 km per jam, membuka jendela untuk mendapatkan AC alami tidak dianjurkan sebab berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Angin yang masuk ke dalam mobil di kecepatan lebih dari 60 km bisa membuat laju mobil terhambat. Pada akhirnya Anda harus menginjak gas lebih dalam agar mobil tetap kencang.

5. Kurangi beban yang tidak dibutuhkan

Tak ubahnya Anda menarik gerobak, kalau kosong Anda bisa menariknya dengan cepat. Tapi kalau gerobak penuh, Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk menariknya.

Kalau memang tak begitu dibutuhkan, turunkan muatan dan biarkan mobil melaju ringan

Saat mobil kosong tanpa beban akan terasa lebih ringan melaju dan tidak perlu injak pedal gas dalam-dalam. Namun kalau mobil dipenuhi muatan, mobil bakal berat untuk berjalan.

Jadi, kalau memang tidak terlalu dibutuhkan untuk dibawa, lebih baik muatan yang ada dalam mobil dikeluarkan, disimpan dirumah.

>>> Mau cari mobil bekas berkualitas, ketahui dulu spesifikasi disini, lengkap dan sangat informatif!

6. Manfaatkan fitur hemat bahan bakar

Beberapa produsen sudah menyematkan fitur istimewa untuk hemat bahan bakar. Di Honda sendiri ada fitur ECON Mode yang telah diperkenalkan sejak 2013. Fitur ini mengubah sistem kerja mesin untuk mendapatkan tingkat efisiensi bahan bakar yang maksimal hingga 20 persen.

hemat bahan bakar Honda dengan econ mode

Fitur hemat bahan bakar bukan untuk gaya-gayaan, tapi untuk dimanfaatkan

Lalu ada fitur ECO Assist berupa indikator berwarna hijau pada kendaraan yang akan menyala sebagai indikasi bahwa gaya pengendaraan mobil yang efisien.

7. Lakukan servis berkala

Idealnya mobil harus diservis tiap enam bulan sekali untuk memastikan mobil bekerja secara maksimal dan efisien dalam mengolah bahan bakar.

Servis berkala memastikan mobil dalam kondisi selalu prima

Untuk servis ini, Anda tidak perlu menunggu adanya promo dari dealer atau bengkel resmi sebab mobil Anda tidak pernah kenal kompromi. Kalau sudah waktunya diservis ya harus diservis.

>>> Ada berita terbaru apa hari ini, klik disini untuk mengetahui!

Leave a Comment