Ciri Seorang Pengusaha

10 Ciri Seorang Wirausaha, Kamukah itu?

10 Ciri Seorang Wirausaha – Menjadi wirausahawan memang tidak mudah, besarnya resiko usaha menjadi salah satu kendala terbesar bagi masyarakat untuk memulai usaha. Bahkan, karena takut menghadapi resiko, banyak orang berhenti di tengah jalan dan yang lebih parah, banyak dari mereka yang mundur bahkan sebelum mencoba. Lalu apa ciri ciri seorang wirausaha yang berhasil?

Mereka lebih memilih zona nyaman tanpa memikirkan risiko kerugian bisnis. Bahkan sebagian besar dari mereka sudah takut setelah mengetahui berbagai risiko yang akan dihadapi saat memutuskan menjadi pengusaha. Tak heran jika masyarakat kita lebih tertarik menjadi PNS atau menjadi karyawan perusahaan besar daripada menjadi pengusaha. Ini membuktikan bahwa tidak semua orang memiliki jiwa wirausaha.

Ciri Seorang Wirausaha

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki ciri-ciri seorang pengusaha? Berikut kami sediakan 10 Ciri Seorang Wirausaha  yang membedakannya dengan karyawan biasa.

1. Memiliki cara pandang yang berbeda

Seorang wirausahawan memiliki cara pandang yang unik dan berbeda dari kebanyakan orang pada umumnya. Mereka senantiasa melihat permasalahan, kesulitan, kondisi lingkungan, perubahan trend dan peristiwa yang sedang dihadapi, hingga melahirkan kreativitas guna menciptakan ide bisnis dan konsep bisnis yang memiliki prospek cerah. Selain itu, semua kejadian yang ada di sekitarnya menjadi ide mereka untuk dijadikan peluang yang menguntungkan. Dan setelah mereka menemukan berbagai ide cemerlang kemudian dijadikan peluang bisnis baru yang menjadi impian mereka. Itulah mengapa mereka memiliki cara pandang yang berbeda karena mereka percaya bahwa setiap orang memiliki potensi yang besar dan bahwa setiap manusia mampu melakukan hal-hal yang hebat.

Ciri Seorang Wirausaha
Alterfines / Pixabay

2. Miliki impian besar

Seorang wirausahawan selalu memiliki impian besar, mereka mulai menjalankan usahanya karena motivasi untuk mencapai impian besarnya. Impian yang mereka miliki, menjadi tujuan dari semua usaha yang mereka lakukan. Sehingga dalam pengambilan keputusan seorang wirausahawan akan menyesuaikan dengan impian yang dimilikinya. Sehingga semua peluang bisnis yang dia jalankan akan lebih terarah, dan akan berhasil meraih kesuksesan. Impian seorang wirausahawan tidak hanya sekedar menjadi karyawan, tetapi memiliki cita-cita yang besar untuk menciptakan lapangan kerja baru yang dapat memberdayakan masyarakat.

3. Nikmati tantangan

Sebenarnya apa yang membuat kebanyakan orang takut dengan resiko dan tantangan yang akan dihadapi? Orang takut untuk memulai perubahan atau tantangan baru karena mereka benar-benar hanya takut pada pikiran mereka sendiri. Banyak orang memilih untuk tinggal di zona aman, tetapi untuk pengusaha itu tidak berlaku. Mereka tidak suka berlama-lama dengan aktivitas monoton yang tidak membuat perubahan menjadi lebih baik. Mereka lebih menyukai hal-hal baru yang mungkin memberikan ide-ide baru yang dapat memberikan perubahan yang lebih besar. Seorang wirausahawan lebih memilih untuk menggunakan kreativitasnya untuk mengubah tantangan yang dihadapinya menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Bahkan sebagian besar pengusaha menganggap tantangan adalah peluang besar bagi mereka.

4. Seorang pemasar sejati atau penjual ulung

Seorang wirausahawan juga memiliki kemampuan untuk merumuskan strategi pemasaran bisnis, sehingga dalam membangun usahanya dapat lebih cepat berkembang. Tanpa keahlian tersebut, orang yang memulai bisnis akan mendapatkan beban yang lebih berat dan membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai impiannya karena kurangnya kemampuan untuk menemukan strategi pemasaran.

5. Pandai mengatasi rasa takut

Setiap orang memiliki ketakutan, ketakutan muncul ketika mereka membayangkan kegagalan yang akan mereka hadapi. Faktanya, banyak orang yang masih takut mengambil resiko, namun hal ini tidak berlaku bagi seorang pengusaha. Mereka pandai mengelola ketakutan mereka dan menumbuhkan keberanian untuk meninggalkan semua kenyamanan. Mereka memilih untuk menghadapi risiko dan berjuang untuk menaklukkan ketakutan mereka. Namun, keberanian menghadapi risiko tetap dibarengi dengan perhitungan dan perencanaan yang matang. Sehingga seorang wirausahawan tidak hanya berani ceroboh, tetapi juga berani bertanggung jawab atas keputusan yang telah diambilnya.

6. Disiplin waktu untuk memenuhi target

Disiplin itu penting bagi seorang pengusaha, bagi mereka waktu yang terbuang sama dengan kehilangan kesempatan besar untuk mendapatkan keuntungan. Jadi memang benar jika ada pepatah ” waktu adalah uang “Karena membuang waktu sama saja dengan melewatkan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan. Oleh karena itu seorang wirausahawan selalu disiplin dalam segala hal, untuk mencapai target yang telah ditetapkan.

7. Memiliki keyakinan yang kuat

Ciri keenam inilah yang sering dilupakan oleh orang lain. Pengusaha memiliki keyakinan bahwa kegagalan tidak ada. Bagi mereka, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Menurut mereka hanya ada hambatan besar, sangat besar dan kecil. Kegagalan hanya terjadi pada orang yang tidak berusaha mencari jalan keluar dari masalah mereka. Namun dengan anggapan bahwa segala sesuatu hanya menjadi kendala, para pengusaha selalu optimis bahwa segala hambatan bukanlah akhir dari segalanya dan harus ada jalan keluar untuk menghancurkan hambatan tersebut.

8. Selalu mencari yang terbaik

Selalu berusaha melakukan yang terbaik agar dapat memberikan hasil terbaik bagi pelanggannya. Tidak hanya itu, mereka juga memikirkan bagaimana cara meningkatkan kemampuan batin mereka. Melihat kekurangan apa yang ada pada dirinya, apa yang harus diperbaiki dan diubah. Itulah yang selalu ada dalam wirausahawan, mereka cenderung perfeksionis. Mereka tidak puas dengan apa yang telah diraih karena mereka akan selalu menginginkan sesuatu yang baru dan terus ingin berkembang menjadi yang terbaik dan terbaik. Dan yang terpenting bagi mereka adalah memiliki tujuan untuk mencari cara terbaik agar konsumen tidak merasa kecewa dengan layanan yang mereka berikan.

9. Jangan pernah menyerah

Sepuluh pantang menyerah, wirausahawan memiliki visi dan semangat juang yang hebat. Mereka tidak akan kalah dan mudah menyerah pada tantangan persaingan pasar. Mereka tidak pernah menyerah pada rintangan, tidak pernah putus, selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk pelanggannya. Jika menemui jalan buntu, seorang wirausahawan tidak akan begitu saja menerima kegagalan. Mereka akan mencari cara alternatif, untuk mencapai impiannya. Seorang wirausahawan percaya pada keyakinannya, walaupun terkadang ada kendala atau resiko kegagalan, yang sering mereka temui, mereka akan terus berusaha untuk bangkit dan berusaha keras untuk melanjutkan impian dan usahanya. Mereka percaya pada keyakinannya bahwa ketika satu pintu ditutup akan ada pintu lain yang terbuka.

10. Memiliki kemampuan memimpin

Pengusaha adalah pemimpin untuk dirinya sendiri dan pemimpin bagi karyawannya. Dengan memiliki jiwa kepemimpinan, Anda dapat memotivasi diri sendiri dalam hal pengambilan keputusan. Selain itu, ketika menjadi wirausaha, secara tidak langsung Anda harus siap menjadi pemimpin yang baik bagi karyawan Anda, karena mereka merefleksikan diri Anda. Jadilah panutan yang baik bagi karyawan Anda, dan dorong mereka untuk dapat memberikan yang terbaik bagi konsumen.

 

Sekian informasi dari kami, kini saatnya mencocokkan karakter Anda dengan  Ciri Seorang Wirausaha sudah kita bahas. Apakah Anda sudah memiliki salah satu ciri khas seorang wirausaha seperti di atas? Salam sukses.

sumber : https://bisnisukm.com/10-ciri-seorang-entrepreneur-apa-kamu-punya-salah-satunya.html
Baca juga : menurut bygrave bahwa karakteristik seorang wirausaha harus mempunyai visi ke depan yang disebut

Sumber : Sumber Wikipedia